PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK SANTRI TAHFIDZ DI MADRASAH ALIYAH ULUMUL QUR’AN PAGAR AIR
Abstract
PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK
SANTRI TAHFIDZ DI MADRASAH ALIYAH
ULUMUL QUR’AN PAGAR AIR
Khairan Nabila Yoza
Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh
Jl. Muhammadiyah No. 91, Batoh, Lueng Bata, Banda Aceh
khairannabilaa@gmail.com
ABSTRAK
Regulasi diri adalah kemampuan individu dalam mengatur pikiran, perasaan, emosi dan tingkah laku untuk mencapai standar dan tujuan yang ingin diraih sebagai bukti peningkatan diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh regulasi diri terhadap stres akademik santri tahfidz di Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Pagar Air. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 146 siswa dari 229 populasi yang ada di Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Pagar Air, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Pengambilan data menggunakan metode skala Likert, dengan menyebarkan kuesioner kepada subjek penelitian. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh regulasi diri terhadap stres akademik santri tahfidz di Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Pagar Air dengan nilai R Square 0,276, nilai F 55,028 dan nilai sig 0,000. Pengaruh regulasi diri terhadap stres akademik santri tahfidz yaitu sebesar 27,6%. Aspek regulasi diri yang memberikan pengaruh tertinggi terhadap stres akademik santri tahfidz pada penelitian ini adalah aspek refleksi diri.
Kata Kunci: Regulasi Diri, Stres Akademik, Santri Tahfidz
Collections
- Prodi Psikologi [75]