HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DENGAN LOYALITAS KARYAWAN PADA SUZUYA MALL DI KOTA BANDA ACEH
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DENGAN LOYALITAS KARYAWAN PADA SUZUYA MALL
DI KOTA BANDA ACEH
Zahara Nur
Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh
zaharanur779@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepemimpinan yang melayani dengan loyalitas karyawan pada Suzuya Malla Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 70 orang karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala pernyataan. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji korelasi dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan yang melayani dengan loyalitas karyawan diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,662 dengan P = 0,000 (P < 0,05). Selanjutnya persepsi responden terhadap pimpinan sebagian besar berada pada kategori sedang (68,6%), namun kategori tinggi lebih banyak (20%) dari pada kategori rendah (11,4%). Sedangkan loyalitas karyawan sebagian besar responden memiliki loyalitas yang sedang (62,9%). Namun loyalitas yang tinggi lebih banyak (22,9%) dari pada loyalitas yang rendah (14,3%).
Kata kunci: kepemimpinan yang melayani, loyalitas karyawan
Collections
- Prodi Psikologi [75]